KREATIVITAS BUNGA TELUR KARYA KOMITE HINGGA AJANG BAKAT SISWA, MERIAHNYA PERAYAAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI YAYASAN AL JABAR BALI

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan hari besar yang dinantikan sebab bentuk rasa syukur dan kecintaan umat islam kepada Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan perayaan maulid nabi di bulan Rabi’ul Awal mengingatkan kita akan keagungan, keutamaan, akhlak dan perjuangan Rasulullah.

Yayasan Al Jabar Bali yang terdiri dari jenjang pendidikan Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Pondok Pesantren menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dengan berbagai rangkaian acara yang melibatkan segenap warga sekolah mulai dari siswa, guru hingga wali murid.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dilaksanakan secara bergantian per jenjangnya mulai dari tanggal 26 September 2023 hingga 01 Oktober 2023.

Putra-putri RA Al Jabar Bali mengawali perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Selasa (26/09/2023) dengan perlombaan yaitu lomba hafalan surah pendek, lomba hafalan hadits, lomba hafalan doa sehari-hari, dan lomba sholawat.

Pada hari selanjutnya, Rabu (27/09/2023), MI Al Jabar Bali turut serta memeriahkan perayaan dengan pengadaan lomba adzan, lomba hafalan surah pendek, lomba da’i kecil dan lomba sholawat.

Menjadi penghujung perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Al Jabar Bali, putra-putri MTs Al Jabar Bali juga antusias menggelar lomba yang menjadi wadah ajang bakat siswa. Lomba yang diadakan antara lain lomba adzan, lomba MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an), lomba pidato dan lomba puisi yang bertemakan Maulid Nabi. Perlombaan tersebut berlangsung pada Jumat (29/09/2023) hingga Sabtu (30/09/2023) dan diakhiri dengan gebyar sholawat bersama pada hari Minggu (01/10/2023).

Ketiga sesi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut ikut disemarakkan oleh wali murid yang menghias batang pohon pisang dengan rangkaian bunga telur yang penuh warna dan kreasi.

Dengan adanya momentum Maulid Nabi Muhammad SAW ini harapannya tidak hanya menjadi seremonial semata, tetapi benar-benar meneladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari serta dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.