Santri Ponpes Al Jabar Bali Borong Empat Juara di MQK Provinsi Bali Tahun 2023

Pada Sabtu lalu (2/6/2023), Pondok Pesantren Al Jabar Bali mengirimkan perwakilan santriwan dan santriwatinya mewakili Kabupaten Badung untuk berpartisipasi dalam lomba Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Provinsi Bali di Sport Center Pesantren Al Amin, Kabupaten Tabanan.

Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) merupakan ajang lomba yang bertujuan menguji kemampuan santriwan dan santriwati di lingkungan pondok pesantren, sejauh mana santri memahami dan mengerti, khususnya kitab kuning. Disebutkan, Cabang MQK yang diperlombakan meliputi bidang Fiqh, Tauhid, Akhlak, Tarikh, Nahwu serta Lomba Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk tingkat Marhalah Ula, Marhah Wustho dan Marhalah Ulya.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Arief Dipa Sanjaya selaku Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kabupaten Badung dan Kiai Jaka selaku Pembina Pondok Pesantren Al Jabar Bali, turut serta mendampingi perwakilan santri selama kegiatan perlombaan.

Setelah melewati rangkaian perlombaan, diumumkan hasil akhir yang membanggakan bagi Pondok Pesantren Al Jabar Bali. Kabupaten Badung berhasil ditetapkan sebagai Juara Umum II dengan memborong 4 kemenangan dalam lomba Fiqh dan Nahwu.

  • Restu Aditya Nugraha : Juara II Lomba Ilmu Nahwu Tingkat Ula Kategori Putra
  • Mareno Ilham Toyahadi : Juara II Lomba Ilmu Fiqh Tingkat Ula Kategori Putra
  • Anisa Suci Ramadani : Juara II Lomba Ilmu Nahwu Tingkat Ula Kategori Putri
  • Ahmad Faqihhudin : Juara II Lomba Ilmu Fiqh Tingkat Ulya Kategori Putra

Kami ucapkan selamat dan sukses kepada para pemenang. Terima kasih kepada semua perwakilan santriwan dan santriwati yang sudah berjuang mengharumkan nama Pondok Pesantren Al Jabar Bali dan Kabupaten Badung. Semoga tetap semangat dalam menuntut ilmu.